post

Sekolah Swasta Dominasi Hasil OSN Kepulauan Meranti

Sekolah Swasta Dominasi Hasil OSN Kepulauan Meranti

SELATPANJANG (RIAUPOS.CO) – Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD dan SMP di Kepulauan Meranti tahap pertama telah diumumkan, pascamelalui sejumlah proses seleksi secara daring.

Lembaran pengumuman itu dikeluarkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Seperti yang diterima Riau Pos, hasil seleksi tahap pertama tersebut cukup mengejutkan. Pasalnya peserta didik yang lolos mewakili Kepulauan Meranti yang akan menuju pada kompetisi tahap kedua tingkat kabupaten dan kota di Riau mendatang, dominan berasal dari sekolah swasta.

Isi terhadap lembaran pengumuman itu juga dibenarkan Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Ira Selda Fitri SIP MPA, melalui staf Dikdas Rusmidarwati kepada Riau Pos, Kamis (1/6). “Benar, dominan peserta yang lolos berasal dari sekolah swasta,” ungkapnya.

Dia menerangkan, seleksi OSN tahap pertama ini berlangsung pertengahan bulan lalu dan baru saja diumumkan pada 28 Mei 2023 kemarin yang diikuti siswa sebagian SMP dan SD daerah setempat.

Situasi tersebut dampak minimnya kesiapan dan keikutsertaan sekolah negeri sehingga hasil OSN tahap pertama dominan siswa yang berasal dari sekolah swasta.

“Padahal jauh hari sudah kami sampaikan. Namun persiapan masing-masing sekolah masih kurang baik sehingga banyak dari sekolah negeri memilih tidak ikut serta,” ujarnya.

Padahal untuk tahap pertama, proses seleksi dilaksanakan oleh masing setiap sekolah dengan guru pembimbing. Kemudian pihak sekolah, mendaftarkan calon peserta kompetisi OSN dari sekolah tersebut melalui laman registrasi di website Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud.

Adapun nama siswa tingkat SD yang lolos OSN di Kepulauan Meranti terdiri dari peringkat pertama Felicity Lin dari SD Swasta Kasih Maitreya, peringkat kedua Meillya dari SD Swasta Kasih Maitreya, peringkat ketiga Gracecia dari SD Swasta Kasi Swasta Kasih Maitreya.

Sumber: www.riaupos.jawapos.com > Sekolah Swasta Dominasi Hasil OSN Kepulauan Meranti

Link:
https://riaupos.jawapos.com/kepulauan-meranti/02/06/2023/302739/sekolah-swasta-dominasi-hasil-osn-kepulauan-meranti.html

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.